Home   News   Field Trip Kelas V Ke Setu Babakan

Field Trip Kelas V Ke Setu Babakan

Pada hari Jumat tanggal 17 November 2017, aku dan teman-teman kelas V bersama guru pendamping pergi field trip ke Setu Babakan, di Jakarta Selatan. Sesampainya di setu babakan, kami berbaris membentuk 3 kelompok untuk menonton penari selamat datang.

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah membuat ondel-ondel mini yang terbuat dari  kok bulutangkis, kain flanel dan kain yang sudah dipotong kecil. Lalu kegiatan kedua kami membuat es selendang mayang, rasanya sangat enak, tekstur esnya kenyal-kenyal yang dikemas dalam gelas. Selanjutnya kegiatan ketiga aku membuat kembang goyang, bahan–bahannya terbuat dari telur, margarine, gula pasir, air, santan, tepung terigu, tepung beras, dan minyak. Kegiatan ke empat adalah membuat bir pletok, yang terbuat dari daun pandan, jahe, serai, cengkih, kayu manis, pala, kayu secang, daun jeruk dan gula.

Kegiatan selanjutnya kami menari dengan lagu sirih kuning, dan Kegiatan terakhir adalah membuat kerak telor.  Bahan-bahan kerak telor adalah beras ketan, telur ayam, serundeng dan bumbunya terbuat dari tepung udang, garam, lada, dan penyedap.

Setelah kegiatan field trip selesai saatnya kami makan siang bersama, kemudian bersiap-siap untuk pulang  menuju sekolah.

 

(Kecia VA)

 

 
    Calendar icon November 24, 2017 Category icon News

Share