Home   News   Jalan Jalan ke Kota Tua – Jakarta

Jalan Jalan ke Kota Tua – Jakarta

Carolina Asima Simamora VB       Hai, perkenalkan nama saya Carolina Asima Simamora. Pada hari Jumat, 24 Oktober 2014, siswa/i PENABUR Jababeka mengadakan fieldtrip ke kota tua. Acara ini diselenggarakan oleh kelas 5.

     Sebelum berangkat, kami berdoa dulu supaya selmat sampai tujuan tanpa kurang suatu apapun. Kami didampingi oleh 5 guru, yaitu bu Vero, Pak Agus, Pak Deni, Pak Dul, dan Bu Emil.

      Selama di perjalanan, kami oleh kondektur bis yang kami naiki, yaitu kak Faiz. Selama di perjalanan, kami mengadakan beberapa quiz. Pertama, kami mengadakan lomba nyanyi, siapa berani dan berhasil mendapatkan pulpen. Kedua, tebak tebakan dan bejo berkata,pada quiz ini siapa menang dapat handuk dan pulpen. Setelah  permainan, kami melanjutkan perjalanan dengan mendengarka lagu music dangdut. Akhirnya kami sampai juga saat pukul 8 : 38 WIB.

     Setelah sampai,kami langsung ke Museum keramik dan seni rupa. Kami didampingi oleh kak audy dan kak soleh.disana kami diberitahu bahwa 21 Januari 1870, didirikannya museum keramik. Pertama, museum ini didirikan untukpengadilan tinggi belanda. Pada zaman jepantg, mereka melukiskan cara kerja paksanya. Henk Ngantung orang pertama yang menduduki pemerintahan yang keturunanya Tionghoa.

   Setelah ini, kami akan ke museum wayang. Sejarahnya adalah bahwa museum ini bekas gereja lama, yang dibangun pada tahun 1640/1731. Gedung ini diperbaiki menjadi gereja baru. 18 gubenur Belanda yang mendirikan seluruh bangunan Jakarta, yang dimakamkan di bagian belakang museum wayang. Gedung ini pernah dijadikan Batavia lama, pada tanggal 22 des 1939. Gedung ini diresmikan pada 13 Agustus 1975. Wayang sudah diakui oleh seluruh dunia oleh UNISCO pada tanggal 7 Nov 2003, dikota Paris.

      Wayang bisa diartikan menjadi bayang bayang. Ada 2 kisah yaitu Ramayana dan Mahabarata. Wayang melambangkan filosofil yang dalam. Wayang adalah warisan budaya.

     Lampu beloncong, berasal dari NTT. Gundala gundala berasal dari karo. Arti kata PunaKawan adalah “puna” adalah mengerti, ‘kawan “ adalah teman. Sawahlanto dari Sumbar. Bima adalah gambaran ksatria yang gagah perkasa. Wang kulit purwa surirame berasal dari Amerika Selatan. Wayang kancil diciptakan pada tahun 1980.

    Yang terakhir, ke Museum Bank Indonesia. Untuk ke museum ini kita harus berjalan kaki +- 2 meter. Saat di perjalanan, kami ketakutan karna banyaknya preman preman.

  Akhirnya kami nyampek juga di museum BI. Pertama, kita menitipkan barang barang kita ke loker yang tersedia. Kedua, kami mengambil tiket masuk bahwa kami boleh memasukinya.

  Setelah menjalankan 2 perintah itu, kami diajak menonton sejarahnya uang, beginilah ceritanya. Pada jaman dulu, orang orang belum mengenal uang. Karna belum mengenal uang mereka mengganakan hasil kerjanya { barang }yang ditukarkan ke oranglain. Tetapi, jika ada orang yang barangnya akan ditukarkan, yang harus menukar tidakmau. Jadi disitu permasalahannya. Karna baynyak orang yang barangnya ditukarkan maka, barang itu digganti barang yang bernilai tinggi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, dijadiilah uang kertas dan uang logam.

     Setlah menonton film, kami keruang pamer mata uang yang ad adi dunia. De davasce bankwet menggantikan oktori.de javasce.di wilayah RI, pemerintah indonesia tidak dapat segera mencetak mata uang sendiri karna keterbatasan dan tenaga alih. Pada 2 oktober 1945, pemerintah mengeluarkan maklumat. Semasa pendudukan Jepang, semua kebijakan keuangan ditetapkan oleh Guneisei Kanbu. 29 September 1945, komandan pasukan melarang penggunaan dan pengedaran Nica.

     Setelah mengunjungi museum, kami pulang. Di perjalanan kami pun kecapean, dan ada juga yang tidur. Akhirnya, kami bisa pulang dengan selamat sampai ke sekolah. BY: Carolina A.  VB

 
    Calendar icon November 20, 2014 Category icon News

Share