Home   News   Buletin Edisi November 2010 SDK PENABUR Kota Jababeka Jl. Douwes Dekker No. 1, Cikarang Baru, Bekasi, Telp. 89837

Buletin Edisi November 2010 SDK PENABUR Kota Jababeka Jl. Douwes Dekker No. 1, Cikarang Baru, Bekasi, Telp. 89837

GURITA ’PAUL’ SANG ’SELEBRITI’ PIALA DUNIA 2010

Bagi pecinta sepak bola, tentu judul tersebut bukan sesuatu yang baru atau aneh. Sang ‘selebriti’ yang dipelihara di salah satu akuarium di kota Oberhausen, Jerman tersebut mulai ‘naik daun’ usai pertandingan antara Argentina vs Jerman yang dimenangi oleh Jerman, dan laga Jerman vs Spanyol yang dimenangi oleh Spanyol.

Sebelumnya gurita ‘Paul’ sudah meramalkan hasil pertandingan tersebut dengan tepat. Demikian juga ketika menjelang Final Piala Dunia 2010 antara Belanda vs Spanyol, si gurita ‘Paul’ juga ‘memprediksi’ dengan memilih Spanyol sebagai Juara Piala Dunia 2010. Dan ternyata ramalannya benar.

Namun kini pekerjaan ramal-meramal sudah tidak bisa dilakukannya lagi, karena gurita tersebut telah mati pada tanggal 26 Oktober 2010, dalam usia 2 tahun (diprediksi usia seekor gurita maksimal 3 tahun).

Terlepas dari gurita tersebut pintar ‘beneran’ atau hanya kebetulan, ada satu pelajaran yang menarik kita perhatikan. Ketika ia meramal Jerman akan kalah dari Spanyol dan ternyata benar, banyak orang Jerman yang menulis di twitter atau facebook mereka, dengan mengatakan akan menculik gurita itu, untuk dijadikan ‘sup gurita’ dengan sedikit garam untuk santap malam.

Orang-orang ini secara tidak langsung seolah mau berkata/mengumpat ‘Gara-gara kamu meramal demikian, maka jagoan kita kalah beneran! Padahal kamu kan tinggal di Jerman!

Mengapa kamu tidak membantu tim kesayangan kita biar menang? Kenapa kamu tidak meramalkan agar tim kita yang menang dan Spanyol yang kalah?     Dasar ‘gak tau diri’ luh…!’

Seandainya saja gurita ‘Paul’ sudah tahu pasti bahwa Jerman akan kalah, namun ia tetap memilih Jerman sebagai pemenangnya hanya karena ia merasa tinggal di Jerman, apakah orang-orang di planet bumi ini akan tetap mengagumi dan mengenangnya sebagai ‘gurita sakti’?  Mungkin saja tidak, atau justru mungkin malah sebaliknya, ia akan dikatakan gurita salah meramal, atau kalau ramalannya itu benar, itu  hanya kebetulan saja, atau bahkan dijuluki ‘gurita ngawur’.

Ternyata gurita tersebut pegang prinsip. Ia hanya mau mengatakan kebenaran, tanpa takut merasa diancam atau sekedar ‘balas budi’ untuk menyenangkan ‘bangsa’nya. Seolah dia mau ‘ngajari’ kita-kita ini agar bisa berlaku jujur dan sportif. Gurita ‘Paul’ mau menasihati, ‘Nyatakan kebenaran itu sebagai yang benar, walau situasinya tidak mengenakkan, dan jadilah orang yang sportif!’

Dari cerita tersebut ada satu hal yang mesti kita yakini dan sepakati, yaitu bahwa kesebelasan Jerman takluk dari Spanyol bukan karena ramalan gurita ‘Paul’.  Kita mesti yakin bahwa kesebelasan Spanyol memang lebih baik dari pada kesebelasan Jerman.

Sehingga Jerman harus sportif dengan mengakui bahwa Spanyol memang lebih unggul dan pantas menjadi pemenang. Mereka tidak perlu mencari ‘kambing hitam’.

Tanggal 29 November 2010 nanti anak-anak akan menghadapi Ulangan Akhir Semester Bersama (UASB). Tentu kalian semua ingin meraih hasil yang terbaik. Tentu kalian semua ingin naik kelas nantinya. Tidak perlu kalian mencari gurita lain untuk meramal hasilnya.

Tercapai tidaknya harapan tersebut tidak tergantung dari ramalan, melainkan tergantung dari usaha dan kesiapan kalian. Oleh karena itu, ‘persiapkan diri dengan baik’!  Pergunakan waktu yang ada untuk belajar! Perjuangkan harapan dan cita-cita kalian seoptimal mungkin.

Nilai-nilai yang kalian capai di semester 1 akan berpengaruh besar pada saat nanti penentuan kenaikan kelas atau kelulusan.

Untuk itu, ada 4 AS yang harus kalian lakukan, yaitu:

a. Kerja Keras
Belajarlah dengan sungguh-sungguh, serius, pergunakan waktu yang ada. Tetap tekun, jangan puas dengan apa yang sudah kalian raih.

b. Kerja Cerdas
Belajarlah secara teratur. Jangan pakai SKB2SM (sistem kebut baca buku satu malam). Tetapi belajarlah bertahap atau dengan cara ‘mencicil’ Misalnya belajar selama 1 – 2 jam, diselingi istirahat dulu, baru kemudian belajar lagi. Buatlah catatan kecil/rangkuman/inti sari/garis besar materi yang dipelajari.

c. Kerja Tuntas
Belajarlah sampai menguasai seluruh materi yang akan diujikan. Jangan setengah-setengah. Itu namanya tidak tuntas.

d. Kerja Ikhlas
Belajarlah dengan ketulusan dan sukacita, tanpa harus disuruh-suruh atau dipaksa-paksa oleh orang tua. Ingat, orang yang terpaksa melakukan suatu pekerjaan tidak akan memperoleh hasil yang optimal.

Khusus untuk siswa kelas V, selain akan diperhitungkan dalam penentuan kenaikan kelas, jika kalian nantinya hendak melanjutkan jenjang pendidikan ke SMPK PENABUR, maka nilai-nilai tersebut juga akan dijadikan salah satu pertimbangan pada saat penentuan grade (peringkat).

Sedangkan untuk siswa kelas VI, nilai-nilai raport kalian di semester 1 ini, selain diperhitungkan untuk penentuan lulus/tidak lulus, juga sebagai salah satu pertimbangan untuk penentuan juara kelas/juara umum.

Penulis harapkan kalian semua bisa sukses. Semua bisa meraih prestasi yang terbaik. Berkompetisilah secara sehat dan sportif.

Pesan penulis:
Jika ternyata kalian tidak bisa mencapai hasil seperti yang diharapkan, jangan mencari ‘kambing hitam’ dan berlaku seperti para pendukung tim ‘panser’ tersebut. OK…? (Andsw)

RENCANA KEGIATAN AKHIR SEMESTER 1
SDK PENABUR KOTA JABABEKA
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

1.  Tanggal  19 – 26 Nov. 2010:
Ulangan Akhir Semester Bersama (UASB) Praktik,

mata pelajaran :
a.  Komputer
b.  Bahasa Indonesia
c.  Bahasa Inggris
d.  Bahasa Mandarin
e.  IPA
f.   Seni Musik/Lukis/Tari

2.  Tanggal 29 Nov. s.d. 03 Desember 2010? UASB Tertulis

3.  Tanggal 06-10 dan 14-16 Desember 2010:
a.  siswa masuk seperti biasa
b.  persiapan untuk acara Natal 2010

4.  Tanggal,  13 Desember 2010
–  Rapat guru semester 1, siswa belajar di rumah

5.  Tanggal 17 Desember 2010
–  Kebaktian dan Perayaan Natal 2010
–  Pukul 07.30 – 10.30
–  Pakaian bebas dan sopan
–  Ada persembahan kasih

6.  Sabtu, 18 Desember 2010:
a.  Pembagian rapor semester 1
b.  Diambil oleh orang tua siswa
c.  Pukul 07.30 – 10.00

7.  Tanggal 21 Desember 2010  s.d.  05 Januari 2011
–  Libur Semester 1, Libur Natal 2010, Libur Tahun Baru 2011

8.  Kamis,  06 Januari 2011:
–  Masuk seperti biasa awal semester 2
–  Mengembalikan raport semester 1 yang sudah ditanda-tangani orang tua

 

Share